Popular Content

Jumat, 20 Maret 2015

On 3/20/2015 02:24:00 PM by KSG UI in ,    No comments
Saya adalah adalah seorang mahasiswi yang baru saja menapaki semester empat di Universitas Indonesia. Setelah menjalani pendidikan formal selama sembilan tahun, saya menemukan passion saya di bidang Sains, dan itulah sebabnya hati saya jatuh pada fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Menjadi Saintis yang bisa menjaga bumi dan kehidupan di dalamnya, yang menjaga rambu-rambu alam dari Yang Maha Kuasa agar kita bisa hidup tetap selaras dengannya dan bisa meminimalisasi kerusakan, itulah cita-cita saya.
Beberapa bulan lalu, berada di posisi seperti sekarang ini tidak pernah terbesit di benak saya. Hingga hari pengumuman SIMAK UI saat itu tiba, dan melihat hasil bahwa akhirnya saya lolos juga dengan menjadi penghuni baru departemen Geografi Universitas Indonesia. Sungguh hal yang menurut saya menakjubkan mengingat tidak matangnya persiapan dan eksekusi pada hari H ujian, namun jika Tuhan telah menggariskan, saya percaya bahwa inilah yang terbaik. Saya yakin peminat Geografi saat itu membludak, dan alangkah tidak bijaknya jika sebagai salah satu yang terpilih di kursi terbatas itu justru menia-nyiakan hal tersebut.
Geografi adalah ilmu yang sangat luas. Mencakup alam, manusia, teknologi, gejala sosial, budaya, ekonomi, bahkan politik. Berbeda dengan departemen di MIPA lainnya, Geografi Universitas Indonesia tidak memiliki cabang peminatan. Awalnya saya merasa kecewa karena dengan begitu saya tidak bisa fokus ke geografi fisik seperti yang saya inginkan. Namun seiring berjalannya waktu serta berkembangnya pola pikir sebagai seorang mahasiswa, saya tidak lagi menjadikan hal itu sebagai masalah. Justru dengan dibekali ilmu alam dan sosial sekaligus membuat mahasiswa dan alumni Geografi memiliki fleksibilitas dalam banyak bidang. Selain itu alam dan sosial memang tidak pernah berjalan sendiri-sendiri, keduanya membentuk sebuah sinergi yang bisa dilihat secara spasial demi menjalankan ‘roda kehidupan’-nya.
Orang yang mempelajari Geografi disebut Geograf. Menurut penuturan salah seorang dosen, Indonesia tergolong negara yang masih sangat kekurangan tenaga Geograf terlebih di masa teknologi yang makin pesat ini. Jumlah perguruan tinggi yang memiliki fakultas atau jurusan Geografi pun masih tergolong sangat sedikit. Oleh karena itu, saya makin bersyukur karena menjadi mahsiswi Geografi yang diharapkan bisa menjadi Geograf yang handal untuk Indonesia dan juga makin mensosialisasikan peminatan Geografi sebagai cabang ilmu yang sangat dibutuhkan kepada generasi muda .
Geografi di Universitas Indonesia telah cukup memfasilitasi mahasiswanya untuk mengaji lebih dalam tentang studi Geografi itu sendiri, yakni dengan adanya BSOD yang bernama KSG dan GMC . Saya pribadi memiliki ketertarikan untuk bergabung dengan KSG, lalu apakah KSG itu? KSG merupakan kepanjangan dari Kelompok Studi Geografi yang memiliki struktur kepengurusan dan program kerja guna menjalankan fungsinya sebagai kelompok studi yang mengorientasikan mahasiswa kepada penelitian dan karya ilmiah.
Saya berharap, dengan menjadi anggota aktif KSG UI, maka saya bisa meneliti gejala fisiologis bumi dan gejala sosial masyarakat. Selain itu hobi travelling yang saya miliki juga akan dimanjakan dengan adanya kegiatan KSG yang cukup banyak di lapangan. Saya berharap melalui KSG ini saya bisa menghasilkan suatu karya ilmiah yang bisa diikutsertakan dalam konferensi internasional sehingga bisa mengharumkan almamater Universitas Indonesia khususnya Departemen Geografi.
Banyak sekali yang kegiatan yang telah dilakukan oleh anggota KSG UI. Diantaranya yaitu meneliti goa, penelitian Urban Heat Island, dan meneliti keunikan suku Baduy dan Kampung Naga. Menurut saya, kegiatan – kegiatan tersebut mengajak kita menjadi seorang geograf yang sesungguhnya. Mengingat kembali saya cita – cita saya untuk menjadi seorang geograf handal, maka KSG adalah sarana yang tepat untuk mengembangkan potensi saya di bidang keilmiahan. Semoga saya bisa menjadi anggota baru di KSG dan dapat memberi manfaat sebaik mungkin untuk kemajuan bersama Geografi.

Itulah sepenggal kisah, mimpi, dan harapan saya untuk KSG dan Geografi. Walaupun perjalanan saya—dan teman-teman—baru dimulai, jangan pernah melupakan target dan tujuan baik yang pernah kita ucapkan, atau bahkan yang baru sempat terpikirkan. Kita adalah mahasiswa Geografi yang terpilih dari sekian pesaing hebat se-nusantara. Jadilah Geograf yang mampu mewakili mimpi Indonesia, berkaryalah sebaik yang kita bisa.

Annisa Hasanah
Geografi UI 2013
Kepala Biro Kekretariatan KSG UI 2015

0 comments:

Posting Komentar