Popular Content

Jumat, 20 Maret 2015

On 3/20/2015 02:54:00 PM by KSG UI in ,    No comments
Ketika pertama kali saya mengetahui tentang Kelompok Studi Geografi atau biasa disingkat KSG, saya mulai ingin tahu apa yang dilakukan kelompok ini. Apakah hanya jalan-jalan atau ada hal lainnya? Ternyata setelah saya mencari info mengenai KSG, KSG ini merupakan kelompok studi yang berbeda dengan kelompok studi yang lain. Ada beberapa hal yang ada di KSG UI namun tidak ada di kelompom studi yang lain, seperti penerapan teori yang dipelajari dalam perkuliahan di lapangan, melihat lebih dekat fenomena yang dipelajari dalam perkuliahan, yang kemudian akan menambah keingintahuan mahasiswa itu sendiri.
Seperti yang diketahui, geografi sendiri adalah ilmu yang amat dekat dengan fenomena alam, Dengan adanya KSG ini, menurut saya, menjadi wadah yang memberikan kesempatan saya untuk mengkaji lebih dalam ilmu Geografi yang saya pelajari. Tumbuh sebagai pribadi yang selalu merasa ingintahu dan tertarik dengan hal – hal baru atau bisa disebut kepo, maka banyak pertanyaan bermunculan di benak saya. Namun sayangnya, tidak semua pertanyaan tersebut bisa terjawab dikarenakan keterbatasan waktu untuk mempelajari lebih dalam. Ketika saya mendapat kesempatan untuk menggali sesuatu yang belum pernah saya ketahui sebelumnya, saya akan mengambil kesempatan tersebut dengan senang hati. Karena menurut saya tidak ada kesempatan yang datang dua kali, kalaupun itu ada itu hanya kebetulan. Maka dari itu saya sangat tertarik untuk bergabung dengan KSG UI.
“Do it with passion or not at all” adalah motto yang mendasari diri saya mengapa saya mau bergabung dengan KSG. Dengan sifat saya yang ingin tau saya merasa KSG bisa mewadahi keinginantahuan saya terutama yang berkaitan dengan alam. Tidak banyak orang bisa ikut bergabung dengan kelompok seperti ini, maka ketika saya dapatkan kesempatan itu saya akan ambil. Kenapa saya lebih memilih KSG dibanding yang lainnya? Karena selain dapat mengamati fenomena yang ada di alam, kita dapat menerapkan teori dan menelitinya mengapa hal itu bisa terjadi.
Ilmu geografi sangat banyak lingkup kajiannya. Tidak hanya tentang fenomena yang terjadi di alam, tetapi juga di masyarakat. Di sini saya ingin mengetahui bagaimana a true Geographers mengatasi masalah-masalah yang ada di sekitarnya. Kelebihan KSG adalah mempelajari ilmu geografi secara merata yang menurut saya hal tersebut sangatlah baik.
Walaupun masih duduk di tingkat dua perkuliahan, dengan bergabung sebagai anggota KSG adalah salah satu poin plus bagi mahasiswa. Karena saya bisa “curi start” mempelajari materi perkuliahan lebih dulu dibanding dengan teman – teman lain. Selain itu, saya juga bisa memperluas jaringan pertemanan, baik dengan senior maupun dengan teman – teman seangkatan. Dengan begitu, saya mendapat kesempatan untuk bertukarpikiran dengan orang – orang baru dan menambah wawasan saya.
Saya yakin jika KSG adalah tempat dimana saya bisa mendapatkan pengalaman yang tidak bisa saya dapatkan di tempat lain. Maka, dengan bergabung di KSG UI maka saya bisa melihat hal yang awalnya tersa “abstrak” karena masih berupa teori di perkuliahan menjadi lebih jelas dan nyata. Selain itu, saya ingin mengembangkan minat saya dalam bidang penelitian dan juga melatih kemampuan saya dalam berpikir kritis.

Saya berharap, dengan adanya KSG ini, maka dapat menjadi wadah bagi para mahasiswa geografi untuk terbiasa mengkaji, meneliti suatu fenomena alam yang unik untuk kemudian menuliskannya menjadi suatu artikel menarik. Saya juga berharap semoga KSG juga dapat menambah pengalaman anggotanya dalam hal berorganisasi.

Rossy Handayani T. S
Geografi UI 2013
Anggota Departemen Penulisan KSG UI 2015

0 comments:

Posting Komentar