Popular Content

Tukik yang akan di lepas di pantai selatan saat kegiatan kuliah lapang 1 Dep.Geografi UI, Mei 2012

Geografi adalah ilmu yang mempelajari segala aktifitas manusia dan alam serta interaksi diantara keduanya melalui perspektif ruang hingga terbentuk pola ruang tertentu. Pemahaman holistik terhadap fenomena tersebut dapat menciptakan wawasan konseptual, pola pikir dan kemampuan aplikatif yang khas ke-ruang-an untuk diterapkan dalam berbagai bidang pekerjaan: perencanaan dan pengembangan wilayah, pengelolaan lingkungan hidup, kehutanan, pertambangan, energi, industri, transportasi, perbankan, manajemen, pemasaran, pendidikan, dan sebagainya.

Departemen Geografi memiliki dua program studi yaitu program sarjana dan pascasarjana. Pada program sarjana terdapat tiga kelompok bidang peminatan, yaitu Geografi Fisik, Perencanaan Wilayah serta Sistem Informasi Geografi (SIG) dan Penginderaan Jauh (PJ). Sedangkan pada program pascasarjana terdapat 2 peminatan yaitu Perencanaan Wilayah dan Aplikasi SIG-PJ. Untuk melaksanakan pendidikan, penelitian dan pelayanan, Departemen Geografi mempunyai 3 Laboratorium dan sarana penunjang lainnya yaitu: 1) Laboratorium SIG dan Penginderaan Jauh, 2) Laboratorium Geografi Fisik, 3) Laboratorium Pengembangan Wilayah. Sarana penunjang yang ada adalah perpustakaan yang memiliki 10.000 buku serta perpustakaan peta yang memiliki koleksi peta-peta topografi dan rupa bumi seluruh Indonesia baik dalam bentuk hard copy maupun digital.

Tujuan pendidikan Geografi pada program sarjana adalah untuk memberikan bekal kepada para mahasiswa agar memahami penerapan perspektif regional dalam berbagai pengembangan wilayah, termasuk dalam hal penguasaan teknologi sistem informasi geografis (SIG) Bidang peminatan yang ditawarkan pada program sarjana adalah : geografi fisik, pengembangan wilayah, dan SIG dan Penginderaan Jauh

0 comments:

Posting Komentar