Popular Content


Kelompok Studi Geografi Universitas Indonesia adalah organisasi yang berlabel badan semi otonom di Departemen Geografi FMIPA UI yang bergerak dalam bidang keilmiahan geografi, dimana mahasiswa aktif Departemen Geografi FMIPA UI dapat turut berpartisipasi didalamnya.

SEJARAH KSG UI

Pada tahun 1981 pertama kali didirikan sebuah kelompok studi yang fokus di bidang geografi, dengan tidak sengaja oleh beberapa mahasiswa geografi yang pada saat itu berjumlah 11 orang. Saat itu kelompok studi ini diketuai oleh Triarko Nurlambang (sekarang Dosen Geografi UI). Namun tidak semua mahasiswa geografi yang aktif dalam penelitian KSG. 8 orang mahasiswa yang aktif dalam penelitian sedangkan 3 orang mahasiswa tidak aktif karena bekerja. Didasari kecintaan dengan alam para mahasiswa geografi sering melakukan trevelling sekaligus penelitian. Agar kegiatan ini diikuti oleh banyak mahasiswa, maka kegiatan yang pertama kali dilaksanakan antara lain: pembuatan brosur, mengadakan seminar mengenai geografi, dan melakukan kerjasama dengan Lipi.

Pada tahun 1986 Triarko Nurlambang mengajak mahasiswa geografi baru di kampus salemba untuk membentuk organisasi bernama Kelompok Studi Geografi Universitas Indonesia yang resmi berdiri pada tanggal 17 Agustus 1986 yang diketuai oleh Triarko Nurlambang. 

Pengurus inti dan badan pengurus harian KSG UI diantara lain :
- Eko Kusratmoko (Sekarang Dosen Geografi UI)
- Dedek (Sekarang ABRI)
- Tris (Sekarang dosen FKM UI)
- Handi Sapta Mukti (Sekarang Pengusaha)
- Budiman Silain
- Heryando
- Cece Permadi
- Chotib (Sekarang Dosen Demografi FE UI)
- Supriatna (Sekarang Dosen Geografi UI)
- Tjiong Giok Pin (Sekarang Dosen Geografi UI)
- Taqiyudiin (Sekarang Dosen Geografi UI)
- Ibu Vivi Laswati (Sekarang di Bappenas)

Kegiatan KSG UI waktu itu sempat mengadakan penelitian di kepulauan seribu, mengadakan seminar nasional dan lomba cerdas cermat untuk anak SMA. Pada saat itu KSG UI memiliki kerjasama dengan LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). KSG memiliki ruang di LIPI sebagai sekretariat pada bidang PDII (Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah). Setelah KSG melakukan penelitian, tulisan akan dikirim ke LIPI yang akan menjadi arsip serta publikasinya. Pada tahun 1987, ketua umum KSG resmi diganti dengan Cece Permadi, karena Triarko Nurlambang harus menyelesaikan masa studinya di Geografi. Tahun itu merupakan pindahnya program studi geografi UI dari kampus Salemba ke kampus Depok. Tidak lama Cece Permadi menjabat, beliau meninggal karena sebuah penyakit yang orang lain tidak mengetahuinya sehingga jabatan ketua umum KSG digantikan oleh wakil ketua KSG masa itu yang bernama Chotib. Pada saat itu pembimbing KSG adalah Rudi Tambunan (Sekarang Dosen Geografi UI) dan Raldi Koestoer (Sekarang Dosen Geografi UI).


Pada tahun 1989, ketua umum KSG UI resmi diganti oleh Deny. Pada tahun 2009, KSG UI bangkit kembali setelah lama tidak terlihat eksistensinya. Saat itu, ketua umum KSG dijabat oleh Alvian Safrizal angkatan Geografi 2008. Pada saat KSG pernah mengadakan penelitian tentang moda transportasi di wilayah Kota Tua, Jakarta Kota.Pada tahun 2010, ketua KSG UI digantikan oleh Febrina Dewi Lestari angkatan Geografi 2009. Pada saat itu KSG melakukan penelitian di Kawah Anjing, Kecamtan Parakan Salak Kabupaten Sukabumi. Pada tahun 2011, ketua KSG UI digantikan oleh Fathu Rochmah angkatan Geografi 2010. Pada saat itu KSG melakukan penelitian tentang Geografi Budaya di Suku Baduy, Desa Kenekes, Kabupaten Rangkasbitung dan di Suku Naga, Kabupaten Tasikmalaya.


0 comments:

Posting Komentar